Thursday, 20 August 2015

Jodha-Akbar: Lagi Suka sama Lavina Tandon as Rukaiya Sultan Begum

Huaa...rasanya semester ini susah banget cari waktu buat istirahat tenang. Meski ke lahan cuma satu kali seminggu, tapi tugas datang dan pergi setiap hari. Ibarat tuan rumah, aku nggak pernah punya waktu berhenti dari kegiatan menyiapkan jamuan untuk tamu selanjutnya. So, daripada posting yang berat-berat, aku pilih buat ngebahas tentang Rukaiya Sultan Begum aja.

Inilah dia Rukaiya Sultan Begum yang kumaksud
Ceritanya Rukaiya ini adalah salah satu tokoh dalam serial Jodha-Akbar yang tayang setiap 20.30 di ANTV.  Soal ada atau tidaknya Rukaiya ini dalam sejarah masih kontroversi. Wikipedia bilang sih istri pertama Jalal memang bernama Rukaiya, tapi referensi lain bilang Jalal nggak pernah punya istri bernama Rukaiya. Yang jelas, Rukaiya ini ada kok di serial Jodha-Akbar, bodoh amat soal sejarah. Toh kita udah tau kalau di India serial ini sempat diprotes karena dituduh melencengin sejarah. Mereka malah bilang kalau si Jodha Bay bukan istri Jalal, melainkan istri anaknya Jalal. But, tinggalkan ini sejenak.

Jalal-Rukaiya
“Pengennya sih judulnya Rukaiya-Akbar bukan Jodha-Akbar.” ucapku pada teman-teman sekamar saat nonton Jodha-Akbar beberapa waktu lalu.

Seketika mereka menyoraki, berseru “Huu...terima nasib aja kaleee. Sejak dahulu kala juga judulnya Jodha-Akbar.”

Aku memonyongkan bibir, kembali melihat ke layar televisi. Di sana My Queen Rukaiya lagi nangis habis keguguran. Duh, kasihan.

Lavina Tandon in Black and White
Awalnya sih aku juga mengidolakan sang tokoh utama wanita, yaitu Jodha. Tapi sejak malam itu entah mengapa hatiku putar haluan. Rasanya sesama wanita kok aku jadi paham apa yang dirasain Rukaiya sebagai istri pertama. Secara gitu lho, dia yang menemani Jalaludin Muhammad Akbar sejak umur belum genap 10 tahun sampai sekarang. Lalu Jalal menikahi wanita-wanita lain, hingga yang terakhir Jalal menikahi Jodha, putri dari Rajput yang beragama Hindu. Apa rasanya coba dimadu?

Fotonya sebelum jadi artis. Mungkin pas lagi ngampus kali yaa..
Nah, mungkin Rukaiya terima-terima aja tuh. Karena biar sebanyak apapun wanita yang dinikahin Jalal, tetap aja Rukaiya yang jadi favoritnya Jalal. Tapi setelah Jodha datang, kayaknya Rukaiya tau kalau putri Rajput itu punya hati mulia banget, bisa jadi Jalal bakal cinta mati sama si Jodha. Mungkin karena itu Rukaiya keki setengah mati. Jadinya dia licik gitu. Tapi menurutku sih, liciknya Rukaiya itu masih wajar kok. Buktinya begitu dia tau kalau yang meracuni kandungannya bukan Jodha, Rukaiya bela-belain nahan pedang yang mau disabetin Jalal ke Jodha pake tangan telanjang. Berdarah deh tu tangannya Rukaiya. Coba kalau aku, udah pasti kubiarin Jalal bunuh Jodha, biar nggak ada lagi rasa cemburu-cemburu. Rukaiya ini berdasarkan pengamatanku emang cinta sama suaminya, Jalal. Cuma dia nggak ngerti cara menyenangkan hati, nggak ngerti cara bersikap aja.

Imut kalau kayak gini (Lavina Tandon)
Aku juga masuk grup facebook yang isinya orang-orang yang ngefan serial ini. Lumayan rame. Cuma kadang suka kesal saat nemuin sebagian besar menghina-hina Rukaiya, sebaliknya mengelu-elukan Jodha seolah dia yang paling benar sejagad raya. Aku sih tetep nomor satu si Rukaiya, tapi biar gini aku nggak pernah tuh ngehina Jodha, misal bilang Jodha jelek kalau nggak didandanin, atau Jodha nggak kewajahan artis kalau nggak di make-up. Aku tetap save foto-foto off screen Jodha yang diperanin Paridhi Sharma. Soalnya juga suka sama Jodha-nya. Lebih memilih Rukaiya mungkin karena naluri wanita aja, memikirkan seandainya diri sendiri berada di posisi yang sama. Duh, njelimet banget. Tapi tenang aja, Jodha sama Rukaiya ini cuma berseteru di depan kamera aja kok, aslinya mereka akrab banget. Nggak jauh beda sama kasus Dewi Sandra dan Cut Meriska, Hana dan Karin. Mereka kan cuma musuhan di sinetron aja. Sayangnya aku nggak bisa juga suka sama Cut Meriska di luar sinetron. Hiks


Lazada Indonesia

Lavina Tandon Sebagai Rukaiya Sultan Begum

Serial awal Jodha-Akbar sih aku nggak nonton. Bilangnya nggak suka, padahal emang nggak pernah coba buat nonton. Tapi sejak abis Idul Fitri kemaren, entah gimana ceritanya satu temen kamar kok cinta mati sama serial Mahabharat yang tayang sesudah Jodha-Akbar. Karena sejatinya aku juga Bollywood lover sejak usia 5 atau 6, nggak masalah ikut nonton.

Eh sambil nunggu Mahabharat main, nggak sengaja nonton Jodha-Akbar. Dapat scenes waktu pernikahan Jodha-Akbar. So aku juga nggak tau menau kalau ternyata sebelumnya Rukaiya itu beda pemeran (bukan yang sekarang). Denger-denger sih lantaran pemain yang dulu kesehatannya lagi down, jadi pilih out deh. Lalu diganti sama Rukaiya yang kita lihat sekarang.

Ini Lavina Tandon waktu menghadiri acara apa gitu.
Hal pertama yang bikin aku fall in love at the first sight sama serial ini karena mukanya Jalal itu lho. Arabian plus India gimana gitu. Wajah Raja banget. Bikin hayalan melambung ke angkasa. Hahah lebai. Pertama-tama aku juga suka sama Jodhanya, pokoknya mengidolakan doi juga. Tapi udah mereka balik ke kerajaan Mughal, muncul deh Rukaiya, langsung pula aku suka dan Jodha jadi nomor dua.
Nah, biasanya aku suka sesuatu itu musiman. Kayak dulu aku suka banget film Fanaa sampai cari segala tulisan di google, tweeter, facebook, dll tentang film itu, kemudian kuulas juga di blog ini. Kali ini suka sama Rukaiya yang nama aslinya Lavina Tandon. Dia lahir tahun 1991, sama umurnya kayak Jalal yang bernama asli Rajat Tokas. BACA JUGA: 6 HIJAB STYLE DIAN PELANGI YANG PALING POPULER.

Ini Lavina Tando bareng pembantunya Maham Anga
Lavina ini ceritanya udah ikut casting kemana-mana, cuma lagi belum beruntung aja. Baru tahun lalu dia dinyatakan lolos casting di rumah produksi yang sama dengan Jodha-Akbar untuk sebuah serial yang udah disiapin. Tapi begitu Rukaiya yang lama keluar, Lavina ditawarin jadi pengganti. Dia terima aja, toh rumah produksinya sama juga.

Lavina ini suka banget sama binatang—anjing, terus hobi selfi. Kerjaannya kalau pas off screen pasti ngurusin anjing-anjingnya. Orang pada foto pun, dia sibuk jongkok buat berdiriin anjingnya. Foto-foto selfinya banyak banget, dan aku udah search ke sana ke mari. Nggak ada yang terlewat.

Syuting Teh jangan main anjing terus... (Lavina Tandon)
Menurutku sih dia cocok banget jadi Rukaiya Sultan Begum, mukanya cantik jahat gitu. Mungkin karena efek make-up dan dia juga dituntut pake soft lens. Bandingin aja make-up untuk Jodha sama Rukaiya, sooo contrast. Jodha selalu dipakein warna-warna soft cenderung gelap, lalu Rukaiya didandanin mencolok banget, cocoklah jadi orang licik. 

Simpel banget yaaa (Lavina Tandon)
Kebukti kan hobi selfi? (Lavina Tandon)
Ini Lavina Tandon bareng temen-temennya.
Teh Lavina Tandon lagi ngapain?
Queen of selfie (Lavina Tandon)
Udah sampai di episode di atas 100, aku juga ada nemuin Rukaiya jealous waktu Jalal ngasi pujian ke Jodha. Waktu itu cuma Rukaiya and Jodha aja yang nemenin Jalal buat bermalam di luar istana gitu, pake baju sederhana, ibaratnya kayak jadi rakyat gitulah. Jalal cerita kalau Jodha bisa diajak hidup sederhana, pinter masak lagi. Sedangkan Rukaiya pergi ke sana aja pakai bawa-bawa pembantunya itu, terus karena nggak mau dibilang nggak bisa masak, dia ikut bantu Jodha bikin makanan sejenis lempeng dari tepung itu lho (yang sering nonton India pasti tau). Gemes liat dia curi-curi pandang ngeliatin cara Jodha membentuk lempengannya, sok-sok bisa gitu, dan setelah dibakar eh hitam gosong. So sweet-nya Jalal tetep pilih yang gosong itu, menghargai banget yaa. Jodhanya senyum-senyum, cocok banget kalau Jodha itu jadi kakaknya Rukaiya.

Dari sekian banyak foto, yang nggak pernah kutemuin adalah foto selfinya sama Rajat. Mungkin Rajat nggak hobi selfi sama cewek, sama Paridhi aja nggak ada. Kali aja dia nggak mau tunangannya sakit hati. Ya, si Om Jalal emang udah punya tunangan, Paridhi juga udah bersuami. Cuma Lavina yang masih single. Ada sih foto-foto lamanya sama cowok gitu, tapi nggak tau apa kabarnya sekarang. Abis Lavina nggak punya akun media sosial sih.

With Lavina Tandon's mom
Udah ya, kapan-kapan bahas tentang Lavina atau Rukaiya lagi. Tugas masih banyak numpuk, bahkan malam Minggu pun harus ngerjain tugas. Oh ya, tulisan di atas cuma opini aja. Nggak semua orang sama. Bagi pecinta Jodha alias Paridhi biasanya suka balas sama caci-maki kalau ada yang puji Lavina atau Rukaiya. Tapi biar sajalah, kafilah tetap berlalu. Mau Paridhi atau Lavina dicaci-maki, toh mereka tetap makin eksis. Maju terus deh buat Lavina, Paridhi, and Rajat!


 
BACA JUGA: 
5 STYLE HIJAB TURKI YANG HARUS KAMU TAHU
TOP 4 ONLINE SHOP TERPERCAYA UNTUK MUSLIMAH 

 



23 comments:

  1. Aaah mbak, aku juga ngefaaans sama serial ini.. Toss dulu ah, eh..peluk juga :p heee.. Iya sih, Lavina emang lebih cantik kok dari Paridhi. Tapi Paridhi yang punya aura pas dengan peran Jodha :) Rukaiya judes sih, gak cocok utk Paridhi. Btw, aku sih aslinya suka sama semuanya, mereka aktingnya pada bagus, apalagi Rajatnya keren pendalaman karakternya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...iya Mbak. Nggak kebayang kalau Lavina yang jadi Johda, mah gak pantes... soalnya mukanya cocok jadi orang licik. Tapi gak tau kenapa suka lihat tingkahnya....

      Delete
  2. aku juga ngefanssss bangetttt sama si ituuuuuu :D hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah sama aku juga suka banget sama perannya Ruqaiya💕aktingnya dapet banget! Walaupun byk yg ga suka sama dia :( pdhl jahatnya itu karena "Cemburu" namanya juga perempuan hehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa????? sama dong....aku juga suka banget sama Rukaiyaa...

      Delete
  4. Gw pribadi sih gak percaya bahwa real Roqaiya itu kayak yg digambarkan di film Jodha Akbar...tapi gpp deh nikmatin aja filmnya...toh kita bukan ahli sejarah juga wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Boleh ikut komen ya...
    Kata temanku yg msh keturunan india bilang sih raja jalal punya empat ratu utama Ruqayya, Salima, Jodha sama Shakina tp tw deh bner pa ngga yg jelas aq suka jodha akbar and g bakalan lengkap jodha akbar nya tanpa ruqayya dong..... Semangat lavina.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siippp....iya nih, sejarahnya masih simpang siur gitu....

      Delete
  6. Ruq cantik, cuma dia gak bisa atau gak ngerti cara mencintai yg sesungguhnya...
    Aku senyum2 sendiri pas baca author pengen judulnya Ruqaiya-Akbar hahaaa :D yg sabar yaa Author...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi....iya, aku suka keki gitu ke Jodhanya, selalu sok suci dan bikin masalah soalnya :D

      Delete
  7. aku ga percaya sama sifat ruq yg ada di JA. Sejarahnya jg ga tau bener apa ga.Jadi nntn aja

    ReplyDelete
  8. Rukaiyah wajah cantik mbak tapi matanya tajam , pemain rukaiayah aslinya sahabatan sama pemain jodha . Menurut paridihi (pemeran jodha ) lavina itu orangnya ramah dan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, katanya juga gitu. Aku nonton di youtube, Lavina juga bilang kalau dia dan Jodha berteman baik. Thanks udah mampir.

      Delete
  9. ya rukayya yang dulu ga secantik ini...kalo ga salah pemeran yg dulu mantan pacarnya shaheer skheik kyanya sih...
    heee.tp bagus bgt acting nya lavina...cantik cantik.. cantik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu wajahnya tua gitu. Yang sekarang imut, lantaran make-upnya tebel dan terang aja, ditambah doi harus pake soft lens, jadinya terkesan judes gitu.

      Delete
  10. Baca sejarahnya sih.... Jalal itu cuma jatuh cinta sekali seumur hidupnya sama Ratu Ruqaiya ini...... Pernikahan Jalan dengan ratu-ratu lain lebih banyak ke politik. Ditambah Ruqaiyaa gak bisa melahirkan lagi. Dan yang melahirkan anak kembar Hasan dan Husein itu ya Ruqaiya bukan Jodha. Tapi anak-anak Ruqaiya sama satu anak Salima meninggal muda semua, Jadi deh anak Jodha yang nerusin tahta. Gitu deh.....and sama, aku sekarang malah seneng sama Ruqaiyaa....liat scene Jodha - Akbar...kesannya lebayatun. hehehehe.

    ReplyDelete
  11. Aku juga suka banget sama Ratu Rukaiya....ngefans dengan lipstick nya juga :D

    ReplyDelete
  12. Ha ha ha ha....Jodha akbar akhirnya tamat. Terkutuklah sinetron-sinetron yang menghina Dunia Islam.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...