10 Manajemen Pintar ala Muslimah Karir Saat Pulang Kerja

10 Manajemen Pintar

Di negeri ini tidak sedikit Muslimah yang sukses berkarir di luar rumah layaknya pria. Selain berperan sebagai Ibu Rumah Tangga, mereka juga seorang dokter, desainer, officer, bankir, dan lain-lain. Hal ini menuntut kesibukan Muslimah Karir menjadi dua kali lipat dibandingkan wanita yang hanya berdiam diri di rumah. Saat lelah pulang dari kantor, masih ada rumah yang menuntut untuk digarap. Beruntung jika pekerjaannmu hanya membutuhkan waktu setengah hari, guru misalnya, sehingga masih banyak waktu tersisa untuk mengurus rumah, anak-anak, dan menyiapkan segala sesuatu bagi suami. 


Tapi semua ini bukan perkara mudah bagi Muslimah Karir yang berangkat kerja pagi-pagi sekali, lalu pulang saat matahari hampir tenggelam. Mungkin untuk sarapan, pakaian kerja suami, bersih-bersih rumah, bisa dilakukan dengan cara bangun lebih cepat. Namun bagaimana dengan pakaian kotor, rumah yang seharian ditinggal bersama anak-anak, makan malam, hingga urusan mandi dan make up untuk diri sendiri? Apakah semua itu bisa ter-handle setelah kamu pulang kerja?


Nah, berikut adalah manajemen pintar ala Muslimah Karir yang bisa dilakukan sepulang kerja. Dengan menerapkan 10 hal berikut, seorang Muslimah Karir bisa menyelesaikan pekerjaan seperti wanita yang seharian duduk di rumah.

1.  Pulang Lebih Cepat dari Suami


Tidak peduli apapun pekerjaanmu, sebisa mungkin usahakan pulang lebih cepat dari suami. Selisih waktu yang paling baik adalah 1 jam, sehingga memungkinkan bagimu untuk menyiapkan rumah. Hal ini juga akan mengurangi stres dan pemikiran-pemikiran negatif di kepalamu. It because your home is your jannah
Setelah sekian jam berkutat dengan pekerjaan, rumah akan menjadi tempat yang menyenangkan untuk me-refresh semangat. Satu alasan lain mengapa kamu harus pulang lebih cepat, karena kebanyakan suami sangat senang melihat istrinya di rumah ketika mereka pulang kerja.

2.  Punya Food Plan


Food plan merupakan hal yang tidak boleh dianggap remeh, terutama bagi Muslimah Karir. Ingat, kamu tidak punya banyak waktu untuk memikirkan hari ini mau masak apa, apa yang harus dibeli, dan sejenisnya. Jadi buatlah food plan untuk menu selama sebulan. Ini akan memudahkanmu saat berbelanja dan saat akan memasak. Saat perjalanan pulang kerja, kamu bisa singgah membeli bahan makanan dengan cepat. Saat di dapur pun kamu bisa langsung mengeksekusi bahan makanan tanpa bingung menu apa yang harus dimasak. Keuntungan lainnya, food plan akan membuat keluargamu terbebas dari kebosanan dengan menu yang itu-itu saja. 

3.  Keluarkan Bahan Makanan yang Akan Dimasak dari Kulkas (3 menit) 


Begitu kakimu menginjak rumah, segeralah menuju dapur. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan daging, sayuran, atau bahan makanan lain dari kulkas. Untuk daging beku, sebaiknya direndam dalam air. Mereka butuh waktu agar bisa dipotong dengan baik. Ini akan menghemat waktu, karena nanti, saat kamu kembali memasuki dapur untuk mulai memasak, semua bahan makanan tersebut sudah ready to cook. 

4.  Pisahkan Pakaian (5 menit)


Usahakan keranjang pakaian kotor memiliki dua ruang terpisah, sehingga kamu bisa langsung memisahkan mana yang bisa langsung dimasukkan dalam satu mesin cuci, dan mana yang membutuhkan perlakuan khusus (misal yang mudah luntur atau yang berbahan wol). Selain pakaian kotor, kamu juga harus mengatur isi lemari sesuai tipe pakaian. Bedakan tumpukan/gantungan celana, kemeja, blazer, hijab, dan lain-lain. Manajemen seperti ini akan memudahkanmu ketika akan berpakaian atau menyetrika.

5.  Beristirahatlah (15 menit)


Letakkan kakimu di atas bantal dan pejamkan matamu sejenak, tapi jangan sampai kebablasan tidur. Tarik napas dengan teratur dan biarkan tubuhmu merasakan rileks. 

6.  Mandi (10 menit)


Sebelum melakukan aktifitas lebih lanjut, sebaiknya mandilah terlebih dahulu. Selain menyegarkan tubuh yang letih, mandi juga akan membuat pikiranmu lebih segar. Tinggalkan dulu segala masalah di tempat kerja. Now is your time to be a good wife and mother, not a career woman!

7.  Berwudhu (1 menit)


Berwudhulah dengan sempurna. Selain untuk menyucikan diri, wudhu juga memiliki peran penting untuk menyegarkan sel-sel kulit serta membuatmu lebih segar. Bagi kita yang Muslim, bila memungkinkan lebih baik untuk menjaga wudhu sepanjang hari.

8.  Gunakan Make-Up (5 menit)


Apakah kamu ingin menyambut kedatangan suami dengan rambut kusut dan wajah kusam? Ini tidak adil, karena kamu berdandan sempurna di pagi hari saat berangkat kerja, namun untuk suami kamu justru tampil menyedihkan. The priority of your beauty is to your husband, right? Jadi, gunakanlah make up, meskipun hanya sederhana. 
Keringkan rambutmu jika basah, sisir dan buatlah gulungan rambut yang sederhana namun anggun, oleskan pelembab wajah atau BB Cream, gunakan lipstik tipis, lukis alis mata dan gunakan eye liner. Kamu bisa menyelesaikan dengan cepat. Pastikan tidak berlebihan jika kamu tidak mau ditertawakan suami dan anak-anak. 

9.  Bersihkan Rumah (10 menit)


Membersihkan rumah di sini bukan berarti kamu harus mengelap seluruh kaca jendela dan keramik, mengepel lantai, masuk ke bawah kolong tempat tidur, menyusun gudang, atau memindahkan sofa. Semua itu adalah pekerjaan weekend
Di hari kerja kamu hanya perlu merapikan seprei dan karpet, menyapu lantai, dan meletakkan barang-barang kecil yang mungkin telah dipindahkan anak-anak selama kamu bekerja. Jadi aktifitas bersih-bersih ini tidak akan membuatmu berkeringat.

10. Mulailah Memasak 


Jika dapurmu memiliki electronic tools yang lengkap, pekerjaan memasak bisa diselesaikan dengan sangat mudah. Misal, kamu bisa mencuci piring kotor dengan mesin pencuci piring. Lalu menggiling bumbu dengan blender, dan memasak sangat cepat di atas kompor gas. Sambil menunggu sup mendidih, kamu bisa memotong sayur dan buah untuk salad. 
Selama memasak, bukan berarti kamu tidak bisa have fun. Ajaklah anak-anakmu ikut ke dapur, biarkan gadis kecilmu membantu mengerjakan hal-hal yang ia bisa atau hanya sekadar menonton. Kamu bisa mengajak mereka bercerita atau merencanakan hal-hal seru.

 
Jika anak-anakmu sedang tidak di rumah, mungkin mereka punya jadwal mengaji di sore hari, itu artinya kamu akan di dapur sendirian. Kamu bisa memutar musik sambil memasak. Apabila kamu belum selesai memasak saat suami pulang, ini bukan masalah. Karena rumah sudah rapi, dan kamu sendiri sudah enak dipandang. Kamu hanya perlu menyambutnya lalu kembali ke dapur.


Nah, beberapa menit kemudian, rumah sudah siap untuk keluargamu. Menyiapkan buah potong atau minuman segar juga bisa jadi ide yang bagus. Sekarang kamu tidak hanya Muslimah Karir yang hebat, tapi juga Ibu Rumah Tangga yang mengagumkan. Percayalah, semua akan ter-handle dengan baik apabila kamu punya manajemen yang baik pula. Good luck!


BACA JUGA: PILIHAN TAS WANITA TERBARU AJA HIJABER AMERIKA, SUMMER ALBARCHA