4 Youtubers Ini Muslim

Muslim Youtubers

Kamu punya hobi nonton video di youtube? Biasanya video apa saja yang ditonton? Video clip musik, ya? Lihat tuh artis-artis di Vevo, bahkan viewers-nya ada yang sampai 1 milyar. Nggak nyalahin juga sih kalau kamu suka, yang salah itu kalau nonton video-video yang sama sekali nggak ada manfaat, justru mudharatnya yang banyak. Nah, bagi kamu pemuda-pemudi Islam, atau siapapun kamu,  yang menginginkan video kreatif, inspiratif, plus orang-orangnya cakep, channel youtube 4 pemuda ini bisa kamu subscribe. Have a look!

1. Karim Metwaly (Channel youtube: AreWeFamousNow)

Karim ini berdarah Arab, dan sekarang sudah hijrah ke Amerika. Di youtube-nya, Karim sering bikin video yang bisa berperan mengubah persepsi banyak orang tentang Islam dan Arab. Videonya Karim lebih ke komedi, berbau Islam, tapi terkadang dia ini agak melenceng sehingga (menurutku) kurang baiklah hal-hal tertentu tersebut dijadikan konsumsi publik. Dia pernah foto pegang anjing gitu, dan di caption dia bilang bosan dengan ini haram dan itu haram. Dia juga punya pacar bernama Saskia, Muslim juga, cantik & manis. 


Terlepas dari itu semua, banyak kok videonya Karim yang juga inspiratif. Salah satunya waktu dia eksperimen di tepi jalan dalam video berjudul Blind Muslim Trust Experiment. Karim sengaja pake penutup mata, jaket tebal karena memang lagi musim dingin, dan tangannya dibuka lebar-lebar. Ternyata banyak lho orang Amerika yang singgah dan give him a hug. Tapi di sinilah ketahuan ‘rada melencengnya’ Karim, masak dia terima aja dipeluk wanita. Lucunya pas datang dua gadis Muslim berhijab, mereka bilang: I can’t hug you because I am Muslim

2. Omar Albach

Omar Albach ini berstatus sama kayak Zeyara, dia aktivis yang aktif banget membela kebebasan Palestina, Syiria, Rasism dan Islamophobia di Amerika, khususnya Kanada. Terlepas dari itu semua, Omar dan Zeyara juga sering bikin video bersama, karena ternyata mereka ini temenan sejak SMA. Suka gemes kalau udah lihat mereka berdua ngobrol. Kelihatan kalau keduanya akrab dan memahami satu sama lain.
Salah satu postingan yang paling aku sukai di page-nya Omar adalah tentang sebuah foto dari Damascus, Syiria yang diambil pada tahun 1889. 

Foto ini menampilkan dua orang lelaki bernama Mohammed dan Sameer. Mohammed adalah seorang Muslim yang buta, sementara Sameer adalah seorang kurcaci lumpuh beragama Nasrani. Setiap berjalan di sepanjang jalanan kota Damascus, Mohammed selalu menggendong Sameer. Jadi, mereka berjalan dengan mata Sameer dan kaki Mohammed. Keduanya hidup dalam satu kamar dan selalu bersama. Ketika Sameer meninggal, Mohammed mengunci diri di kamar dan menangis selama satu minggu. Akhirnya ia pun ikut meninggal karena kesedihan yang mendalam.

3.  Saif Shawaf

“I was born on October 30th 1991 in Saudi Arabia in a city called Jeddah. Both my parents were born in Syria in a city called Hama. Canada is my home, Syria is my blood. I love my culture and love life. I hate politics and I hope one day all of the Arab countries will unite to become one again.”
Ini adalah salah satu youtuber favoritku, karena dari caranya bicara dan bertingkah, ketara sekali kalau orangnya asli lucu dan penghibur. Di youtube dan media sosial, Saif juga seperti Zeyara dan Omar. Mereka ini giat banget menyuarakan tentang Palestina, Syiria, mengumpulkan donasi, serta melakukan wawancara untuk mengetahui persepsi orang-orang mengenai Arab. Saif pernah bikin video bareng Zeyara yang menurutku inspiratif banget. Dalam video tersebut, Zeyara mengenakan sorban Palestina lalu berdiri/duduk di keramaian, kemudian Saif datang dan mencacinya. Mereka ingin tahu bagaimanakah respon orang-orang di sekitar saat mengetahui ada pemuda yang dilecehkan hanya karena sebuah sorban yang identik dengan agama atau negara tertentu. 


Hasilnya? Kamu pasti kaget, karena ternyata banyak sekali yang membela Zeyara. Bahkan ada seorang pemuda yang tegas sekali melawan tindakan Saif. Ketika Saif merebut sorban di leher Zeyara, pemuda Barat tadi balik merebut dari Saif dan memberikannya pada Zeyara. Oh ya, untuk video lucu kolaborasi Saif dan Zeyara, kamu bisa cari judul Annoying Guests di channel mereka.


Sayang, sepertinya sekarang Saif tidak lagi membuat video youtube. Saat membaca klarifikasinya di facebook, kok aku jadi sedih ya. Sekarang Saif dan keluarga baru saja pindah ke Dubai. Dia memulai hidup baru di sana. Dan sebagai anak perantau, I know lah bagaimana rasanya. Apalagi ini lintas negara plus lintas benua. Berikut klarifikasi dari Saif:

Ah, Saif. Semoga kamu bisa segera beradaptasi di Dubai. Semoga di sana kamu menemukan kehidupan yang lebih baik (tentu untuk dunia wal akhirat) dan masa depan yang lebih cerah. InshaAllah.

3. Mohamed Zeyara

Aku menempatkan Zeyara di urutan pertama karena memang video-videonya paling keren dibandingkan 3 orang sebelumnya. Zeyara benar-benar terlihat serius dalam menggarap setiap video yang ia upload, bahkan sampai berkolaborasi dengan seorang sheikh ternama bernama Omar Suleiman. Jika video 3 orang sebelumnya hanya membutuhkan proses kreatif ala kadarnya, video Zeyara sudah bisa dinamakan sebagai film pendek. Ia melakukan syuting layaknya seorang artis sungguhan. Ada sutradara, ada produser, dan sejenis itu. Pokoknya semua video Zeyara yang diberi judul #Inspiration sangat memperhatikan detail. Di beberapa video, Zeyara juga sering menampilkan dirinya sendiri tengah bicara di depan kamera. Mungkin ia rekam sendiri. Tapi memang ini hanya untuk kuliah singkat, pengumuman, pesan dari setiap episode #Inspiration series, atau wawancaranya dengan orang lain. 

Untuk pembahasan mengenai Zeyara, aku sudah pernah menuliskan secara khusus. Kamu bisa membacanya di sini. Adapun video-video pilihan yang tidak boleh dilewatkan adalah: The Price of Marriage, Women of Our Lives, dan Whipped Cream and Cheerios. Tapi video yang lain juga tidak kalah bagus dan inspiratif kok. Silakan lihat sendiri, ya.
Okay, itulah tadi 4 orang youtubers Muslim yang kurekomendasikan untuk kamu subscribe, inshaAllah banyak manfaatnya. Setidaknya kita jadi lebih open minded dan peka terhadap keadaan umat saat ini. Happy watching!