Muslimah, Ini 5 Menu Sarapan Keren dan Cepat yang Patut Kamu Coba!

5 Menu Sarapan

Muslimah, bagi kamu yang hidup ngekos atau saat ini sudah menjalani peran sebagai istri, membuat sarapan untuk dirimu sendiri dan keluarga menjadi rutinitas yang penting. Berbeda halnya kalau kamu tinggal bersama Ibu, bisa dipastikan selalu Ibu yang menyiapkan.

Baca Juga: Kesan Sehabis Menonton Film 99 Cahaya di Langit Eropa


Bagi anak kosan, biasanya mereka lebih memilih beli sarapan ketimbang bikin sendiri. Tapi untuk para istri, kamu nggak mungkin menyajikan masakan orang lain untuk suamimu, kan? I think that’s not a good idea. Tapi, baik itu yang beli atau yang bikin sendiri, masalahnya tetap sama: menu yang itu-itu saja. Roti dan selai, orek telur, nasi goreng, mi, nasi uduk, lontong, dan gorengan. Bisa dipastikan, 90% menu sarapan orang Indonesia adalah makanan-makanan tersebut.


Kenyataannya memang tidak membosankan, karena kita sudah terbiasa. Tapi kenapa tidak berpikiran untuk mencoba menu baru yang mudah namun funny, fresh idea, new, atau apalah kamu menyebutnya? Takut gagal yang justru berimbas suami dan anakmu tidak jadi sarapan? Atau tidak punya waktu untuk bereksperimen?


Nah, untuk mengatasi masalah menu sarapan yang itu-itu saja, berikut 5 ide menu sarapan yang aku pilihkan untukmu. Tidak hanya mudah, namun juga lezat dan menjadi simbol kreativitas si pembuat. Kamu bisa membuatnya hanya dengan beberapa menit saja. Take a look!

1. French Toast Roll-Ups


Ini menu yang sangat mudah dan cepat. Jika bahan-bahannya tidak tersedia di dapur, silakan masukkan list dalam belanja mingguan atau bulanan. Dan roti gulung ala Prancis ini siap tersaji di dapurmu. Cara membuatnya cukup sederhana, hanya perlu ikuti beberapa langkah berikut.

# Siapkan 8-10 lembar roti.# Giling salah satu sisinya agar roti menjadi lebih pipih.# Isi dengan apa saja sesuai selera. Boleh buah dan cokelat, keju, atau tumisan kentang. Gulung.# Celupkan ke dalam telur yang sudah dikocok.# Panaskan panci di atas api sedang dan beri sedikit butter. Goreng hingga kecokelatan.# Saat masih panas, gulung di atas bubuk kayu manis hingga seluruh sisi roti tertutupi.# Jika tidak suka kayu manis, kamu bisa menggantinya dengan bubuk gula. And breakfast is served!

2. Tomato Avocado Melt

Menu kali ini tidak hanya pas untuk sarapan, tapi juga sehat. Kamu hanya perlu menyiapkan roti empuk, menambahkan potongan tomat dan alpukat. Selanjutnya siram dengan mayones favoritmu. Jika mau kamu bisa menaburkan sedikit garam, bubuk bawang putih, dan pepper (bubuk lada) di atasnya. Breakfast is ready!

Baca Juga: Aku, Aisye, dan Kosmetik Halal Wardah

3. Cheesy Baked Egg Toast


Masih setia dengan roti. Kali ini resepnya jauh lebih simpel dibandingkan yang pertama. 

> Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa lembar roti
> Lalu buatlah ruang berbentuk persegi di tengahnya menggunakan sendok> Pecahkan telur dan masukkan tepat ke ruang tersebut> Selanjutnya parutlah keju dan susun di pinggiran roti> Cipratkan sedikit telur ke atas keju menggunakan sendok> Untuk memasaknya, kamu bisa mengoleskan butter ke atas panci dan masak di atas api kecil. Perhatikan baik-baik selama api masih menyala, jangan sampai keju justru menjadi gosong. Begitu telurnya matang, segera angkat dan nikmati bersama saus atau mayones. It is speedy and crazy!

4. Egg & Cheese Rolls


Resep aslinya menggunakan egg roll wrapper, kamu bisa menemukannya di supermarket besar. Tapi jika tidak ada, kulit lumpia is not too bad. 

1/ Kamu hanya perlu membuat orak-arik telur dengan tambahan sedikit garam dan merica. 2/ Lalu campur dengan parutan keju dan letakkan di salah satu sisi lumpia. 3/ Lipat kedua sisinya dan gulung.4/ Selanjutnya silakan goreng di atas api kecil. Saat sudah menguning, angkat dan nikmati bersama saus atau mayones.

5. Bell Pepper Egg-In-A-Hole


Ah, sarapan kali ini cocok sekali untuk si kecil. Bisa juga jadi salah satu menu di kotak bekalnya. Cukup mudah dan sederhana. Silakan beli paprika aneka warna saat kamu mengunjungi supermarket atau grocery store terdekat. Kamu tidak akan sempat membelinya pagi itu juga, jadi siapkan sehari atau kapanpun sempat dan biarkan di dalam kulkas. 

Saat kamu sudah siap untuk mengeksekusi, potong paprika seperti di gambar, susun di atas panci yang sudah diolesi butter, ceplok telur, tambahkan sedikit garam dan pepper. Lalu hidangkan bersama saus dan roti. Mudah kan? Soal rasa, mungkin ini tidak jauh-jauh dari rasa telur ceplok, but the colors, it is something new and funny! Guess what will your little girl say about it?

Okay thats all! Happy trying and good luck!

Lots of love

Sofia