Sunday, 29 November 2015

Upcoming Inspiration Movie: Film Bulan Terbelah di Langit Amerika

Bulan Terbelah di Langit Amerika


“Akankah dunia lebih baik tanpa Islam?”

Meskipun novelnya sudah terbit jauh-jauh hari sebelum tragedi Paris Jumat lalu, namun film berjudul Bulan Terbelah di Langit Amerika yang tayang Desember mendatang seperti sebuah kebetulan. Seperti novelnya, film ini mengangkat isu global tentang Islam yang paling populer, yaitu terorisme. 

Thursday, 26 November 2015

Muslimah, Inilah 5 Kunci Sukses Membangun Usaha



Sahabat Muslimah, adakah di sini yang ingin membuka usaha sendiri, atau sudah menjalankan usahanya? Kali ini aku ingin sedikit bercerita sekaligus berbagi tips langkah membesarkan usaha dari blogger internasional sekaligus motivator, Chris Guillebeau, dalam free ebooknya berjudul 279 days (get your copy for free here).

Dalam ebook tersebut, Chris mengupas habis perjalanannya dari seorang nothing menjadi something melalui blog yang dibangun sejak 2008. Percaya atau tidak, Chris berhasil menjadi blogger profesional hanya dalam waktu 9 bulan lebih saja.

11 FAKTA PERJALANAN SUKSES FENY MUSTAFA, PENDIRI SHAFIRA DAN ZOYA




1/ Pada masa-masa awal brand Shafira diwujudkan, Ibu Feny hanya dbantu oleh 1-2 orang karyawan.

2/ Ibu Feny memulai usaha di usia muda, sebelum menikah, tepat pada tahun 1989. Bisa dikatakan Shafira adalah pelopor busana Muslim di Indonesia.

Wednesday, 25 November 2015

Muslimah, Ini 5 Tips Mix & Match Rok




1. SIMPLE LOOK

Kali ini aku memilihkan sebuah rok panjang dan atasan berbahan rajut. Cocok digunakan untuk musim hujan. Style ini akan sempurna saat dikombinasikan dengan pashmina bermotif bunga. Bahkan Dian Pelangi menggunakan style seperti ini untuk jalan-jalan ke London, lho.


Tuesday, 24 November 2015

5 Travel Tips yang Wajib Diketahui Muslimah



photo by: @elifkubragenc

Aku suka traveling. Meskipun sejauh ini belum banyak tempat baru yang dikunjungi, setidaknya aku tahu lah bagaimana rasanya traveling ke negeri orang. Nah, berdasarkan pengalaman itu pula, aku mengamati ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan baik-baik oleh traveler Muslimah. Tidak jarang hal berikut menjadi masalah terbesar yang nantinya akan menyulitkan selama di tempat baru. Apa saja itu?

Monday, 23 November 2015

PROUDLY PRESENT: CINTA TURKI BLOG

Hi sahabat Muslimah tercinta, I hope you doing great (Ngucapinnya ala Maher Zain). Kali ini aku sedikit promosi page baru yang punya niche khusus tentang Turki. Page ini lahir karena kecintaanku pada Turki. Yeah sekarang masih domain blogspot, but I'll manage for .COM soon. 

Di sana aku menulis tentang fakta, dan banyak juga yang fiksi, tapi aku membuatnya seperti benar-benar nyata. Jadi bagi siapa pun yang belum tahu kalau penulisnya adalah aku, pasti nyangkanya si pemilik blog beneran tinggal di Turki.

MUSLIMAH, INILAH PILIHAN TAS WANITA TERBARU ALA HIJABER SUMMER ALBARCHA



Tas adalah salah satu perlengkapan paling krusial bagi seorang wanita. Bepergian tanpa tas itu seperti ada yang kurang. Aku sendiri, pernah suatu hari mencoba ke kampus tanpa tas, tapi ternyata seharian malah nggak PD. Rasanya tubuh ini ringan dan tiap beranjak dari duduk, selalu kaget, “Eh, apa yang ketinggalan, ya?”

Sejak itulah aku menyadari kalau tas itu memang penting. Lagipula bepergian tanpa tas sama saja dengan merempongkan diri sendiri. Bag not just about fashion, it is so important thing to help you! Ponsel, dompet, buku, make up, semuanya butuh tas. 

Ketika yang Tepat Datang di Waktu yang tidak Tepat



www.gambar88.com

Beberapa waktu terakhir, aku memikirkan panggilan ‘butir’ (singkatan dari Ibu Tiri) yang selalu dilontarkan oleh teman-teman selama 3 tahun di Bogor. Awalnya hanya candaan, bermula dari sebuah drama yang aku berperan sebagai Ibu Tiri jahat di sana. 

Ya meskipun drama tersebut tidak jadi tampil di depan umum, mereka tetap memanggilku Butir hingga kami selesai kuliah. Bahkan nama Sofi jarang sekali kudengar. Saat mereka memanggilku Sofi, justru terdengar ganjil dan aneh.

Sunday, 22 November 2015

Aku tidak Mau Lagi Berdoa, karena Allah tidak Pernah Mengabulkan Doaku!



Mengapa doaku tidak dikabulkan?

Aku pernah mengalami masa-masa saat berada di titik nadhir dalam hidup, setidaknya pernah beberapa kali. Satu kali di antaranya sekitar pertengahan 2012 lalu, tepat saat kelulusanku dari Pesantren. 

Masih teringat jelas bagaimana di bulan-bulan sebelum kelulusan, semua teman kelas sibuk membicarakan universitas mana yang akan mereka masuki, serta jurusan apa yang akan dipilih. Sebagian dari mereka bahkan sudah mempersiapkan diri dengan mengikuti bimbingan belajar tes SNMPTN. 

Saturday, 21 November 2015

5 Style Hijab Turki yang Harus Kamu Coba (photos)



1. PASHMINA BIASA

Hijab Turki



2. PASHMINA BIASA DENGAN SEDIKIT MODIFIKASI
 

Hijab Turki (@karalardansena)

3. PASHMINA BIASA DENGAN MODIFIKASI

Hijab Turki (@elf_grcn)
  
4. SCRAFT SEGI EMPAT

Hijab Turki (@karalardansena)
Hijab Turki (stylehijabblog.com)

5. NEW LOOK

Hijab Turki (stylehijabblog.com)

Alkisah Inspiratif: Bagaimana Manusia Bisa Hidup sampai 70 Tahun?



Dunia baru saja diciptakan dan Tuhan menetapkan bahwa MANUSIA akan hidup di sana sampai umur tiga puluh tahun.
“Kalian akan menjadi pemimpin bagi semua makhluk ciptaan-Ku,” kata-Nya kepada pria dan wanita pertama. “Dan selama hidup, kalian akan menjadi makhluk-makhluk yang cantik dan tampan, muda, sehat, kuat, dan bijak.”

Friday, 20 November 2015

Tiga Gadis Muslim ini Mendirikan Penerbitan Buku di Canada




Kisah inspiratif kali ini datangnya dari Canada, tentang tiga orang gadis bersaudara yang menurutku sangat menakjubkan. Hidup sebagai imigran, minoritas, dan berhijab, ternyata tidak pernah menghalangi mereka untuk bersaing dengan muda-mudi Canada lainnya.

Mereka adalah Hodan, Ilhan, dan Ayan. Ketiganya bekerja sama membangun sebuah penerbitan buku yang diberi nama Qurtuba Publishing House. Ide membuat sebuah penerbitan ini bermula dari rumah mereka yang dipenuhi buku, baik itu buku Islam maupun umum. Tidak ada televisi di rumah mereka, bukan karena tidak mampu membeli, tapi itulah aturan dari orang tua mengingat betapa mengerikan siaran TV di negara Barat. Jadi mau tidak mau, hanya bukulah yang menjadi tujuan ketiga gadis itu. Mereka membaca dan berimajinasi seluas-luasnya.

TOP 4 Online Shop Terbaik & Terpercaya untuk Muslimah



Ditanya tentang belanja online, bisa dikatakan aku sudah expert-nya. Percaya atau nggak, dulu gara-gara belanja online bodong, uangku sekitar 1,5 juta ludes tanpa sisa. Tapi bukan berarti aku langsung kapok. Habis itu aku langsung evaluasi, dan menyeleksi ketat toko online mana yang bakal aku pesan produknya.

Aku belum pernah belanja gadget atau barang-barang besar di toko online, seperti sepeda, televisi, koper. Belum lah. Kalau yang begituan lebih suka beli langsung ke toko offline. Kalau belanja online itu lebih sering ke pakaian dan hijab. 

Nah, berdasarkan pengalaman, berikut TOP 4 Online Shop Terpercaya untuk belanja pakaian dan hijab versiku. Urutan pertama adalah yang paling bersahabat dengan kocek, hingga urutan terakhir adalah yang most premium. Check it out!



TOP 6 CARA MEMAKAI HIJAB MODERN DAN ILEGAN



Aku termasuk Muslimah yang suka ikut-ikutan, meskipun bukan mengikuti trend. Contohnya, aku sudah mengamati cara bepakaian sekaligus hijab style para Muslimah Turki sejak 2013. Saat itu sulit sekali untuk mendapatkan tunik panjang, long outer, dan pashmina berukuran lebar.

Aku harus keliling pusat perbelanjaan terlebih dahulu demi mendapatkan satu lembar hijab atau pakaian, itu pun lebih sering modelnya tidak sesuai yang diharapkan. Biar begitu untuk ke kampus dan pakain sehari-hari, aku sudah sering pakai tunik dan pashmina yang hanya disampirin di pundak. Teman-teman pada heran, banyak yang ngatain “Duh, ini style apa sih?”. 

Thursday, 19 November 2015

Doa Ketika (Hampir) Putus Asa



Doa Ketika (Hampir) Putus Asa

Pada mulanya adalah mimpi. Dan segumpal gundah gulana serta rasa duka yang menghantui saya, tiba-tiba, berangsur-angsur pulih karenanya. Malam itu [ saya lupa kapan persis tanggalnya] ketika hati saya berwarna kelabu dan air mata hampir mengharu biru lantaran sebuah persoalan hidup yang belum kunjung rampung. Sepotong mimpi mampir di dalam tidur saya.

TIPS TAMPIL CANTIK UNTUK HIJABER SYAR'I


Sama seperti rambut, hijab yang kamu gunakan juga harus indah dipandang. Jangan hanya karena kamu berhijab syar’i, tidak mau dianggap berlebihan, lantas mengenakan hijab sekenanya saja. Sudah kucel, jarang dicuci, tidak rapi lagi. Ah, yang begini justru akan memperburuk citra Muslimah dalam pandangan masyarakat umum. 

Tidak peduli kamu adalah Muslimah berhijab syari atau tidak, keindahan hijab haruslah tetap jadi prioritas. Keindahan di sini meliputi kebersihan, kerapian, dan cara memakainya. Kalau sudah rapi tapi dipasang asal-asalan, hasilnya tetap saja tidak enak dipandang.

Hal lain yang paling sering terjadi adalah pemikiran kalau berhijab syar’i berarti tidak ada style hijab. Hijab syar’i itu cukup dengan selembar kain panjang yang dipin di bawah dagu. Lalu salah satu sisinya dilekatkan dengan bros di atas pundak.

Wednesday, 18 November 2015

Antara Muslimah Berhijab Syar'i, Tidak Syar'i, dan Tidak Berhijab. Siapakah yang Paling Baik?




Menuliskan tentang hijab, tiba-tiba aku teringat pada satu hal, yaitu kepercayaan diri bahwa dirinya adalah yang paling benar. Seringkali kita menjumpai segolongan Muslimah yang berhijab panjang merasa dialah yang paling sempurna, lalu menghujat para hijaber yang tidak mengenakan hijab menjulur hingga ke pinggang. 

Sementara itu, mereka yang berhijab, baik syari atau tidak, bersama-sama menghujat para wanita yang tidak berhijab. Seolah wanita yang tidak berhijab itu buruk sekali dan sudah pasti masuk neraka. 

4 Hal yang Membuat Traveler Muslim Berbeda


4 hal yang membuat traveler Muslim berbeda. [Image: Hasan II Mosque, Casablanka | Photo by: Spencer Desmond]
Aku belum banyak bepergian, sejauh ini masih sebatas negara-negara tetangga. Paling jauh ke Macau akhir tahun 2014 lalu. Itu pun berkat hadiah perlombaan yang diadakan LOG VIVA dan Macau Goverment Tourist Office Representative Indonesia. 

Berbekal tulisan yang kubuat dalam waktu mendekati deadline, tak disangka aku terpilih sebagai salah satu dari 3 orang finalis. Yang membuatku takjub, MGTO benar-benar mentraktir kami dengan perjalanan yang bisa dikatakan luxury. 

Tuesday, 17 November 2015

Not In My Name: Sebuah Catatan setelah Peristiwa #ParisAttack



Aku jarang sekali menuliskan sesuatu yang sedang populer, tapi entahlah malam ini. Sesaat setelah menyusuri portal-portal berita online seperti HuffingtonPost, Telegraph, BBC, ABC, dan sejenisnya, aku jadi tertarik untuk membuat sedikit catatan. Mungkin tidak akan disertai oleh data-data aktual, tapi it comes from my deep heart. Ini catatanku sebagai Muslimah.

Saat pertama kali mendengar penyerangan di Paris beberapa hari lalu, aku langsung berseru lirih. “Ah, ada lagi. Semoga ini serangan oleh para preman. Semoga bukan orang-orang yang mengaku sebagai Muslim lagi yang terlibat.”

BELANJA PAKAIAN MUSLIMAH YANG AMAN YA DI HIJUP.COM



Belanja di HijUp.com


Dulu aku pernah mereview sebuah E-commerce modest fashion asal Turki yaitu MODANISA. Di sana kuceritakan bagaimana Modanisa selalu menampilkan desain-desain menarik yang terkesan ‘high class’ meskipun tidaklah diberandol dengan harga super mahal.

Aku menyukai semua desain yang ditawarkan Modanisa, terutama untuk tuniknya. Saat aku mencoba untuk mencari desain serupa di pusat perbelanjaan Indonesia, aku tidak bisa menemukan satu pun. Sudah keliling Mall sampai kaki pegal-pegal, tetap saja tidak ketemu jenis tunik panjang dengan desain ‘segar’. Memang ada banyak tunik yang dijual di Indonesia, sayangnya modelnya terlalu konvensional dan kurang cocok untuk digunakan kaum muda.



Hingga kemudian sebuah brand E-Commerce lokal menjadi sponsor di acara sahur salah satu stasiun TV Indonesia, Ramadhan lalu. Begitu commercial break, mereka menampilkan seorang wanita berhijab yang berganti-ganti pakaian seolah ia memiliki seorang stylish pribadi.
“Wah, ini nih desain-desain yang bagus. Kalau begini sih bisa-bisa nggak hanya terkenal di Indonesia, tapi seluruh dunia, karena desainnya bisa masuk ke selera semua wanita di dunia.” Gumamku saat itu.
Melihat desain tunik, blazer, dan dress yang ditampilkan di iklan, aku jadi tertarik untuk memilikinya juga. Jika kebanyakan toko online selalu menjual produk yang hampir serupa, E-Commerce yang satu ini berbeda. Mereka punya ciri khas tersendiri dalam hal desain.


Contoh kolesi tunik di HijUp
Ya, itulah awal kekagumanku pada E-Commerce bernama HijUp.com, yang diambil dari kalimat Dress Up with Hijab. Percaya atau tidak, HijUp merupakan E-Commerce PERTAMA di dunia yang bergerak di bidang  Islamic fashion. Sejak didirikan oleh sang owner, Diajeng Lestari, pada awal Ramadhan 2011, kini HijUp sudah bekerja sama dengan 80 brand berkualitas di Tanah Air, salah satunya adalah Dian Pelangi. Padahal sebelumnya, Dian belum pernah bekerja sama dengan situs belanja online mana pun.

Ketika ditanya mengapa Dian memilih HijUp,  ia menjawab, "Selain ingin merasa lebih dekat dengan kostumer, situs belanja ini juga sudah settle dan cara kerjanya profesional. Saya harus mendukung lokal e-commerce juga.”
 
Diajeng Lestari, owner HijUp

Untuk membuktikan kredibilitas HijUp, Diajeng sebagai pemilik berkomitmen untuk selalu memberikan pengalaman belanja yang luar biasa bagi para pengunjung web-nya. Ketika orang berbelanja pakaian di toko nyata, dia bisa merasakan pakaiannya, merasakan dinginnya hawa AC, sampai mengagumi interior tokonya.

Maka Diajeng pun membuat website-nya tidak kalah seru dibandingkan toko nyata. Ia memilih desain yang nyaman, support yang bagus, dan tidak membutuhkan waktu loading yang lama, sehingga para pembeli bisa merasakan pengalaman yang sama dengan belanja di toko nyata.

Tidak hanya itu, semua jenis pakaian yang ditawarkan Hijup selalu dilengkapi informasi detail yang lengkap. Ada foto tampak depan, belakang, dan samping. Ditambah detail jahitan yang jelas. Hijup juga memberikan data ukuran, jenis kain, serta data singkat brand. 

Adapun untuk jenis pembayaran, pembeli bisa melakukan transaksi melalui:
# Transfer Bank
# PayPal
# Kartu Kredit
# Mandiri ClickPay, dan
# HijUp Point 

Pembayaran harus dilakukan dalam waktu maksimal 1×12 jam setelah barang dipesan secara online melalui www.hijup.com (checkout). Jika pembeli belum melakukan pembayaran dalam 1×12 jam, maka pesanan otomatis dibatalkan dan barang akan dikembalikan ke dalam sistem. 

Jika anda melakukan pembayaran melalui bank transfer, pembeli diwajibkan melakukan konfirmasi pembayaran melalui website kami dengan menekan tombol “Confirm Payment”. Ketika kami sudah menerima pembayaran, pihak HijUp akan segera mengirimkan pesanan keesokan harinya. 

Karena kualitas inilah, maka tak heran kalau HijUp tidak hanya diakui oleh pembeli di Indonesia saja, melainkan juga negara-negara lain di dunia.

Sunday, 15 November 2015

BEST MUSIC VIDEO (I AM MUSLIM MAN, AND I AM NOT A TERRORIST)




Video berikut sudah ditonton lebih dari 4 juta views di facebook dan 93.000+ di youtube sejak di-upload 4 hari lalu. Doesn't matter you are Muslim or not, just watch it and find out the message :) Muslim need much man (or I think women too) to stand and speak out like these amazing men. Keep spreading love and tell the world that Islam is beautiful and peaceful :) Happy watching!

Muslimah Bepergian Tanpa Mahram?!!!



ultraupdates.com

Muslimah traveler memang sedikit ‘weird’ didengar, baik itu dari penilaian Non Muslim maupun kita sendiri yang notabene Muslim. Seperti yang dituliskan Mbak Lusi dalam komentarnya berikut:

Friday, 13 November 2015

Muslimah, Inilah 3 Negara Paling Aman untuk Solo Traveling






Semua orang menyukai traveling, terlebih jika itu perjalanan ke luar negeri. Membayangkan tempat-tempat indah yang selama ini hanya bisa disaksikan di televisi, membuat hari kita berbunga-bunga berminggu-minggu atau mungkin sebulan sebelum tanggal keberangkatan. 

Thursday, 12 November 2015

Inspirasi Muslimah: Samah Safi Bayazid, Professional Filmmaker dari Amerika


Bekerja sebagai professional filmmaker bagi seorang wanita mungkin tidak lagi menjadi hal yang terlalu baru. Namun, ini akan menjadi sedikit mengherankan sekaligus mengagumkan, apabila wanita tersebut adalah seorang Muslimah berhijab, dan berkarya di negara raksasa sekelas Amerika Serikat. Ya, dialah sosok wanita mungil dengan wajah khas Arab, bernama Samah Safi Bayazid.

Bersama sang suami, Samah kini menekuni dunia perfilman Islam secara profesional di negeri yang terkenal dengan industri Hollywood-nya itu. Selain bekerja untuk Inspiration Series kolaborasi Syeikh Omar Suleiman dan Mohamed Zeyara (video-videonya bisa ditonton di YouTube), Samah juga pernah bekerja untuk video musik Maher Zain dan projek-projek lainnya. Berikut adalah wawancara Samah dengan Mosaic of Muslim Women yang aku terjemahkan khusus untukmu. InsyaAllah menginpirasi.

Samah Safi Bayazid

# Ceritakan tentang latar belakangmu.

Aku adalah seorang filmmaker berumur 26 tahun yang berasal dari Yordania. Aku tinggal di Amerika bersama partner hidup sekaligus partner kerjaku, Muhammad Bayazid, untuk menciptakan sebuah rumah produksi yang profesional dan penuh makna di Amerika Utara. Ketika masih berumur 6 tahun, aku sering menggunakan sisir sebagai mikrofon untuk bicara di depan kaca. Aku bertingkah seolah menjadi seorang TV Presenter yang sedang bicara dengan bintang tamu hayalan, mengajukan beberapa pertanyaan, dan bicara pada semua audiens di belakang kamera. 

Hal seperti itulah yang dulu selalu kuimpikan, aku ingin menjadi seorang presenter TV dan punya show sendiri. Tapi setelah aku beranjak dewasa, kemudian belajar banyak tentang media dan industri perfilman secara spesifik, aku menyadari bahwa passionku bukanlah di depan kamera, melainkan di belakang kamera, di mana banyak hal ajaib terjadi.


#Bagaimana kamu membangun karirmu?
Samah Safi Bayazid

Selain belajar di Universitas Yordania, aku juga membaca banyak buku dan mengikuti berbagai kursus tentang media dan filmmaking. Aku juga belajar di New York Film Academy. Bagaimana pun, sekadar membaca dan belajar tidak akan membuatmu menjadi seorang filmmaker yang baik. Kamu butuh praktek. Jadi aku menghadiri berbagai proses pembuatan film sebelum aku memulai karir secara profesional dalam banyak projek berbeda, seperti film pendek, kampanye TV, video musik, program TV, dokumenter, dan sinetron.


# Bagaimana kalian bisa mendapatkan ide untuk ‘Inspiration Series’?

Sebuah grup media di Arab Saudi bernama Mulhim telah menghubungi sutradara Muhammad Bayazid beberapa tahun lalu. Mereka tertarik untuk memproduksi sebuah online show mengenai Nabi Muhammad SAW. Kemudian kami berkata, marilah kita kerjakan sesuatu yang berbeda. Dan sejak itulah Inspiration Series tercipta. Dalam Inspiration series, kami menampilkan kehidupan seorang pemuda Muslim masa kini dan kemudian menghubungkannya dengan kehidupan Rasulullah. 

Hal ini seperti bantahan terhadap banyaknya generasi muda sekarang, yang berpikir bahwa kehidupan serba canggih tidak lah bisa dihubungkan dengan kehidupan di masa Rasulullah. Peran utama kita, Mohamed Zeyara, awalnya tidaklah berbeda dengan kebanyakan pemuda yang berpikiran seperti itu. Hingga kemudian ia mulai membaca lebih dalam mengenai kisah Rasulullah SAW dan kehidupannya. 

Dalam video diceritakan, bagaimana Zeyara kemudian sadar bahwa hari ini hanyalah versi berbeda dari kemaren, dan bagaimana setiap manusia di jaman sekarang bisa terkoneksi dengan Rasulullah SAW yang hidup 14 abad lalu.

Check the new episode of inspiration series bellow!
 

# Apa projek lain yang pernah atau sedang kamu kerjakan?

Seperti yang sudah kukatakan, aku bekerja di banyak jenis projek berbeda, antara lain: film pendek, kampanye TV, iklan, program TV, dokumenter, sinetron, dan video clip. Video musik terakhir yang kita kerjakan adalah untuk Maher Zain berjudul ‘Muhammad’, yang sekarang sudah meraih 12 juta views di YouTube, alhamdulillah. 

Minggu lalu, kita baru saja menyelesaikan editing untuk season kedua ‘Inpiration series’  dan sekarang masih dalam tahap post-production. Video-nya akan segera dirilis inshaAllah. Kita juga sedang bekerja dalam sebuah feature film tentang kisah nyata yang terjadi di Chicago di tahun 80 hingga 90-an. Kita masih bekerja dalam tahap naskah.


# Menurutmu apakah peran Muslim Amerika dalam sebuah film? 

Sayangnya, Muslim ditampilkan dengan cara yang sangat buruk dalam film-film Hollywood dan sinetron Amerika. Kita selalu ditampilkan sebagai teroris dan orang yang brutal, atau mungkin sedikit lebih baik, sebagai kelompok yang terbelakang. Sangat penting bagi kita untuk memperbaiki persepsi tersebut, dengan cara menunjukkan pada dunia sisi baik Islam dan Muslim melalui film yang kita produksi sendiri. Ini adalah tanggung jawab kita sebagai Muslim.


#Jadi, apakah yang ingin kamu capai melalui film?

Aku ingin membantu merubah dunia menjadi lebih baik dengan cara menciptakan film yang baik. Aku juga ingin menginspirasi orang lain dan menunjukkan pada mereka betapa indah dan damainya Islam. Selain itu, aku juga ingin menginspirasi wanita Muslim dan mengatakan pada mereka bahwa kamu bisa menjadi apa yang kamu inginkan, kamu bisa memiliki peran penting di dunia ini jika kamu percaya pada dirimu sendiri. Kuncinya adalah kerja keras dan ikuti passion!


# Menurutmu, apakah kesalah pahaman orang-orang mengenai industri perfilman? 
 
Samah and husband, Muhammad Bayazid
Kesalah pahaman pertama, orang-orang beranggapan bahwa industri film itu dipenuhi oleh kegembiraan dan kemudahan. Mereka tidak tahu betapa beratnya pekerjaan kami. Persiapan selama berbulan-bulan, syuting berminggu-minggu, ditambah berbulan-bulan untuk editing dan proses post production. Setiap fasenya menuntut banyak waktu dan uang. Adapun kesalah pahaman kedua adalah, orang-orang terlalu meremehkan pentingnya Muslim untuk memiliki film production sendiri. Mereka harus percaya bahwa media bukanlah sarana hiburan semata, melainkan juga satu alat yang kuat untuk merubah dunia menjadi lebih baik.


# Apa saja peluang yang bisa diambil young Muslim dalam industri film?

Sebenarnya kita kekurangan profesional Muslim di industri perfilman. Ini artinya mereka memiliki banyak peluang! Kami butuh generasi muda Muslim baik itu lelaki maupun wanita yang mau menceburkan diri dalam proses pembuatan film, dengan cara belajar dan mempraktekkannya. Kami membutuhkan lebih banyak penulis skrip Muslim profesional, sutradara kreatif, sinematografer, editor, dan sutradara yang memahami nilai dan moral, serta mengetahui cara memanfaatkan media, juga paham apa kelemahan dan kesempatan yang bisa diambil.

Samah Safi Bayazid and team

# Sebagai Muslimah berhijab, apakah kamu memiliki tantangan tersendiri saat terjun ke dunia media?

Bekerja di bidang ini adalah salah satu yang terberat sekaligus sangat menantang bagi wanita karir secara umum. Tentu ini sangat berat bagi wanita muslim yang berhijab, karena tidak seorang pun menyangka wanita Muslim mampu terjun dalam proses pembuatan film. Terlebih dengan segala tuduhan dan kesalah pahaman orang-orang mengenai wanita Muslim, semuanya semakin berat dan penuh tantangan. Alhamdulillah sejauh ini kita selalu bekerja secara profesional, dan aku tidak lagi menemukan masalah yang berhubungan dengan hijab.


# Apa pesanmu untuk wanita Muslim yang ingin bekerja profesional dalam industri film?

Aku menganjurkan mereka untuk terus belajar, bekerja, dan manfaatkan semua media tools  untuk menyebarkan pesan mulia demi perubahan yang baik bagi ummat. Yang paling penting, aku menganjurkan mereka untuk percaya pada diri sendiri dan impian, serta jangan mudah menyerah karena jalan ini tidaklah mudah.
 
Lots of love

Sofia



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...